Andum Takjik, Kehangatan dan Kebahagiaan Pawartos

Sukoharjo, infopawartos.com – Sore itu hari begitu cerah, langit berwarna merah jingga seakan menyemangati setiap mata yang memandangnya. Waktu menunjukkan pukul 16.00 WIB puluhan warga yang menamakan diri Paguyuban Warga Ageng Kartasura (Pawartos) berkumpul di sebuah warung makan HIK Usil menyiapkan beraneka macam makanan. Mereka membukus rapi aneka makanan itu kedalam kantung plastik, ada kolak, ada roti, ada pisang godong dan aneka makanan lainnya. Dengan cekatan ibu-ibu, bapak-bapak serta beberapa remaja dan anak-anak guyub rukun diselingi canda tawa dalam membungkus makanan tersebut.

Tak terasa bingkisan makanan (takjil) telah terkumpul sebanyak 1.300 buah, mereka menyiapkan takjil tadi sejak pukul 9 pagi selesai pukul 16.30 WIB. Tanpa dikomando para remaja dengan cekatan menaikkan bingkisan makanan yang sudah tertata rapi dalam kardus diangkut ke mobil bak terbuka. Tidak selang berapa lama, mereka berkumpul melingkar melakukan konsolidasi distribusi bingkisan makanan tersebut. Fajaryanto, ketua pagyuban Pawartos memberikan sambutan, dalam arahannya, dia menentukan lokasi distribusi takjil tersebut, sebelum berangkat, pak ketua meminpin doa supaya acara bagi takjil hari ini berjalan lancer.

Kamis, 31 Mei 2018 tepat pukul 16.30 rombongan Pawartos membagi diri menjadi dua grup, grup pertama mendistribusikan takjil di depan kantor kecamatan Kartasura dan grup kedua di pertigaan gerbang masuk UMS.

Sesampainya di lokasi, lagi, tanpa dikomando mereka menjalankan tugasnya masing-masing, ada yang menkondisikan lalulintas, ada yang menempatkan diri di jalur masuk dan di jalur keluar gerbang masuk UMS. Pun di depan kantor kecamatan Kartasura, mereka menempatkan diri masing pada lajur kanan dan kiri Jalan Adi Sumarmo Kartasura. Mereka membagikan takjil ke pelintas yang melalui jalan tersebut. Terlihat mobil keluarga, salah satu penumpangnya mengeluarkan tangan dan menunjukkan lima jarinya sebagai kode meminta 5 takjil untuk mereka, dengan cekatan anggota Pawartos  langsung menghampiri mobil tesebut dan memberikan 5 takjil.

Shinta, salah satu peserta yang membagikan takjil sore itu menyatakan sangat senang, ada keceriaan tersendiri ikut kegiatan ini, ini merupakan pertama saya, selain senang kegiatan ini sangat positif dalam mengisi waktu ngabuburit, besok kalau tidak acara saya akan gabung kembali, lanjut Shinta yang merupakan biduanita ini.

Koodinator acara kali ini, Maryono yang sekaligus pemilik HIK Usil mengatakan acara berjalan lancar, tidak sampai 30 menit seluruh takjil telah habis dibagikan baik di gerbang masuk UMS maupun di depan kantor kecamatan Kartasura. “Alhamdulillah mas, acara berjalan mulus, peserta aksi dan para pelintas jalan sama-sama senang,” kata Maryono saat ditanya oleh tim redaksi infopawartos.com, semoga acara ini terus berlanjut ke tahun-tahun berikutnya.

Setelah seluruh bingkisan takjil telah habis di distribusikan, peserta aksi bagi takjil berkumpul kembali ke pos pemberangkatan, HIK Usil. Riuh rendah serta sesekali terdengar gelak tawa menggambarkan semangat dan kebahagian tersediri bagi masing-masing peserta aksi. Suasana sore itu terlihat jelas dan sejalan dengan slogan Pawartos, Guyub Rukun Ing Kabecikan, mereka benar-benar tulus ikhlas dan gembira dalam menjalankan aksi sosial ini.

Aksi sore itu ditutup dengan buka bersama dengan cara kembul bujono, lagi, terlihat kehangatan satu keluarga besar Pawartos. Ditengah-tengah buka bersama, Suradi Cokro Ismoyo selaku sekjen paguyuban mengatakan, aksi bagi takjil akan berlanjut kembali besok Kamis, 7 Juni 2018 dan acara buka bersama anak yatim pada Selasa, 12 Juni 2018.