Erupsi Merapi, Pawartos Salurkan Ribuan Masker

Boyolali, Infopawartos.com – Dampak aktivitas vulkanik gunung Merapi, Jumat, 1 Juni 2018 telah dirasakan warga di berbagai wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Muntahan material berupa debu vulkanis dari gunung berapi di perbatasan Jawa Tengah dan DIY ini telah mengganggu aktivitas warga.

Salah satu warga di desa Lencoh, Parno, saat ditemui oleh tim tanggap darurat Pawartos mengatakan erupsi yang terjadi pagi tadi sungguh luar biasa, ada 2 titik hutan yang terbakar tetapi alhamdulillah sudah padam.

Akibat aktivitas Merapi sebagian warga harus mengungsi dan menggunakan masker untuk melindungi diri dari abu vulkanis tersebut. Untuk mengurangi dampak buruk debu vulkanis ini, Pawartos melakukan aksi tanggap darurat menyalurkan bantuan masker ke daerah terdampak Selo, Boyolali.

Ribuan masker telah disalurkan oleh Paguyuban Warga Ageng Kartasura (Pawartos), sebagai langkah antisipatif. “Ketika terjadi erupsi kita mengadakan penggalangan dana untuk pengadaan masker, sekitar 1500 masker kita serahkan di pos Barameru dan TSD Rescue,” ujar Ahmad, salah seorang satu koordinator Pawartos dari Gembongan.

Ahmad melanjutkan bantuan ntuk wilayah Selo sudah dikoordinasikan dengan tim relawan TSD Rescue. “Saat ini yang dibutuhkan warga adalah masker dan peralatan mandi” ujar Tommy, salah satu anggota TSD rescue kepada tim Pawartos.