Posko Mudik Pawartos Menyediakan Fasilitas Perbengkelan

Infopawartos.com, Kartasura – Paguyuban Warga Ageng Kartasura (Pawartos) membuka posko mudik Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, guna melayani pemudik yang melintasi kawasan Kartasura. Rencananya posko mudik Pawartos akan dibuka mulai H-7 sampai dengan H+7 Hari Raya Lebaran 2018.

Ada 8 titik pos siaga mudik lebaran 2018 yang tersebar di wilayah Kartasura baik dari instasi pemerintahan, swasta maupun komunitas yang ada diwilayah tesebut. Masing-masing koordinator posko saling berkomunikasi melalui radio HT untuk menjaga ketertiban dan kemananan selama arus mudik lebaran 2018 ini.

Tahun ini merupakan kali pertama Pawartos mendirikan posko mudik yang siap siaga melayani pemudik. Posko sendiri mulai di didirikan pada hari Rabu, 6/6/2018 dan siap melayani pemudik mulai Jumat, 8/6/2018. Posko mudik Pawartos didirikan di sebelah timur perempatan warna-warni Purwogondo, Kartasura, pos mudik ini siaga selama 24 jam, selain penjagaan posko mudik ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh pemudik.

Adapun fasilitas yang tersedia di posko mudik Pawartos adalah P3K, tempat istirahat yang terdiri tenda kursi dan alas tidur, makan ringan, air minum, bahan bakar premiun dan pertalite, peralatan bengkel dan tambal ban. “Fasilitas yang tersedia di posko mudik Pawartos adalah P3K, makan ringan, air minum dan snak untuk penjagaan dan pemudik yang mampir di posko ini,” ujar Haryanto Yoga Dipura S.Sn, M.Se sebagai wakil koordinator posko mudik Pawartos.

Mbah Singo sapaan akrab Haryanto Yoga Dipura S.Sn, M.Se melanjutkan selain fasilitas itu kita juga menyediakan alat tanggap darurat kerusakan kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil pribadi. “Kami juga menyediakan peralatan bengkel baik sepeda motor maupun mobil, selain itu kita juga menyedikan peralatan tambal ban portabel dan bahan bakar minyak jenis premium dan pertalite,” lanjut Mbah Singo.

Berdasar pantauan redaksi infopawartos.com petugas jaga posko mudik Pawartos juga aktif melakukan konvoi keliling di wilayah Kartasura, konvoi ini sendiri dilakukan 2 kali dalam sehari yaitu pukul 00.00 dan pukul 02.00 setiap hari selama posko mudik ini aktif. Konvoi keliling ini sendiri difokuskan pada titik kemacetan dan daerah rawan kecelakaan dalam radius 500 meter dari posko mudik Pawartos.

Petugas keliling dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama menyisir ke arah barat dan kelompok kedua menyisir ke arah timur. Selain pemantauan arus lalulintas, petugas posko juga menyisir daerah rawan kejahatan. “Setiap hari kita melakukan konvoi keliling dari posko kearah barat, perempatan Ngasem ke utara sampai kompleks Auri, perempatan Colomadu ketimur, menyisir kampung-kampung terus sampai Pabelan ke selatan, Tyfountex ke selatan menyisir kampung sampai Ngemplak, setelah itu kita menyisir perkampungan lagi sampai Tugu Kartasura,” terang Mbah Singo.

Tahun ini merupakan pertama kali Pawartos mendirikan posko mudik, banyak kesan dan pengalaman yang diperoleh oleh masing-masing petugas jaga dan anggota Pawartos sendiri. “Banyak motivasi yang didapat oleh rekan-rekan, dengan asyiknya setiap malam kita bersama-sama, melakukan kebaikan dalam hal ini membantu pemudik lebaran bersama-sama, konvoi keliling bersama-sama dan pastinya anggota Pawartos dan komunitas yang lain akan semakin akrab,” tutup Haryanto Yoga Dipura.

Ditempat terpisah, ketua pelaksana posko mudik Pawartos, Deni Kristianto mengatakan sampai saat ini (Sabtu, 9/6/2018) pemudik yang mampir ke posko sudah puluhan orang, baik yang sekedar mampir istirahat sampai memperbaiki kendaraan yang rusak. “sampai hari ini, posko kita telah menira tamu puluhan pemudik, baik yang sekedar istirahat sampai mengalami kerusakan pada kendaraannya, tadi kita membetulkan sepeda motor pemudik asal Wonogiri yang mengalami masalah pada rantainya, selain itu kita tadi juga membetulkan mobil yang mengalami putus kopling,” kata Deni kepada infopawartos.com.