Kreatif, Memanfaatkan Serbuk Kayu Menjadi Lukisan Indah

Infopawartos.com, Solo – Serbuk kayu, atau bisa disebut limbah kayu, umumnya digunakan sebagai bahan dasar pengembangan atay budidaya jamur, namun di solo, limbah kayu yang menjadi serbuk ini bisa di manfaatkan untuk dijadikan lukisan yang indah.

Melukis pada umumnya menggunakan media cat dan kanvas, namun di kota Solo, terdapat salah satu media lukis yang unik, warga Solo memanfaatkan limbah kayu berupa serbuk kayu yang ia manfaatkan sebagai media lukis, ide ini dikembangkan oleh pak Tresno.

Pak Tresno Sedang Membuat Lukisan Dari Serbuk Kayu

Dalam proses pembukatan lukisan ini, pak Tresno memanfaatkan limbah kayu yang bagi sebagaian orang sudah tidak berguna lagi, untuk dijadikan bahan membuat lukisan yang indah, tak hanya menempelkan serbuk kayu pak Treno juga menambahkan Gradasi warna kepada lukisannya agar terlihat lebih indah.

Berawal dari coba-coba pak tresno dapat menghasilkan banyak lukisan yang indah dari serbuk kayu ini” ya dulu pertamanya cuman coba-coba, dan mengexplor media-media yang banyak terbuang yang ada di sekitar kita” tuturnya.

Pria lulusan DESKOMVIS Universitas Sebelas Maret (UNS) ini, sudah mulau melukis menggunakan media serbuk gergaji pada tahun 2006, pada awalnya banyak yang meragukan lukisan pak tres, karena pada umumnya serbuk dari kayu sangat mudah menimbulkan jamur, namun dengan experimennya, pak Tresno berhasil meyakinkan pelanggannya bahwa, lukisan dia dapat bertahan lama, “dulu pertamanya banyak banget yang meragukan lukisan saya, karena mereka pikir kalo sebuk kayu itu mudah banget menimbulkan jamur, tapi seiring berjalannya waktu para pelanggan mulai yakin kalo lukisan saya bisa bertahan lama” tandasnya.

Hasil Lukisan Pak tresno, yang terbuat dari serbuk limbah kayu.

Untuk membuat satu lukisan biasanya Pak Tresno membutuhkan waktu mulai dari 1 minggu hingga 2 bulan, lamanya pengerjaan tergantung tingkat kerumitan lukisan, untuk harganya sendiri pak Tresno membandrol harga mulai dari 50 Ribu hingga 900 Ribu, tergantung ukuran lukisan yang dipesan.