Tugu Pancasila Kartasura Penghubung Tiga Kota Yang Tak Pernah Sepi

Kartasura, infopawartos.com – Kartasura adalah salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Sukoharjo, Kartasura atau yang biasa disebut “Kartosuro” oleh warga setempat, dikarenakan letaknya sangat strategis kerap kali dikatakan sebagai kecamatan yang sepadan dengan sebutan Kota Kartosuro. Kartasura ditandai dengan Tugu Pancasila yang letaknya ditengah-tengah pertigaan, pertigaan ini berada di Jalan Ahmad Yani Sukoharjo merupakan jalan penghubung tiga kota besar yakni Surakarta, Yogyakarta, dan Semarang.

Kecamatan Kartasura sempat pernah menjadi Pusat Kerajaan Mataram Islam sebelum kerajaan ini di pindahkan ke Kota Surakarta. Karena menjadi penghubung diantara tiga kota besar, tidak heran kalau Tugu Kartasura ini sering menjadi tempat tunggu penumpang bus yang hendak mau bepergian ke Semarang, Yogyakarta, maupun ke Surakarta.

Tidak hanya itu, dulunya tidak jauh dari Tugu Kartasura terdapat Terminal yang terletak di sebelah timur tugu penghubung tiga kota besar ini. Saat ini Terminal Kartasura yang dulunya terletak di sebelah timur Tugu Kartasura telah berpindah lokasi. Kota yang tidak pernah padam selama 24 jam ini memang tidak pernah mati dengan bermunculnya orang-orang dari penjuru luar kota maupun dari dalam kota.

Wahyu, salah satu pedagang angkringan yang letaknya di sekitar pertigaan Tugu Kartasura mengatakan pertigaan ini tidak pernah sepi selalu ramai kendaraan yang lewat, dan ramai pembeli yang datang ke angkringan, sehingga menjadi keuntungan tersendiri baginya.

“Pertigaan Tugu Kartasura ini memang tak pernah sepi mas. Selalu saja banyak kendaraan yang lewat, tiap malam juga selalu ramai apalagi banyak orang-orang yang selalu nongkrong di pinggir jalan dan nongrong di angkringan saya.” Ujar Mas Wahyu sebagai penjual angkringan di wilayah Tugu Kartasura.

Selain ramai Transportasi yang lewat, Kartasura juga menjadi salah satu pusat bisnis di kabupaten Sukoharjo. Terdapat banyak pusat perbelanjaan swalayan, rumah makan, tokoserba, pasar tradisional, dan lainnya.

Mengingat lokasinya yang strategis dan di dikung dengan saran dan prasana yang lengkap, seperti kota-kota pada umumnya Kartasura dihantui dengan kemancetan. Salah satu titik langganan kemacetan Lalu lintas adalah di pertigaan Tugu Kartasura maupun di kawasan perempatan Kartasura. Jika kawasan tersebut terlalu macet Polisi kerap kali turun untuk mengurai kemacetan tersebut. Terutama pada hari Minggu, hari libur, hari raya besar seperti saat arus mudik saat Hari Raya Idul Fitri, Pergantian Tahun Baru Masehi, Tahun baru Hijriyah pada saat Suro, dan lain sebagainya.

Simpang tiga Tugu Kartasura menjadi titik paling rawan terjadi kemacetan saat mudik. Mengingat titik ini merupakan penghubung tiga kota (Surakarta, Semarang, Yogyakarta). Di titik ini sejumlah petugas dari Polsek Kartasura dan Polres Sukoharjo serta dibantu relawan atau komunitas komunitas yang ada di Kartasura selalu siap untuk berjaga-jaga selama 24 jam non-stop untuk mengatur arus lalu lintas selama arus mudik hingga arus balik lebaran.

Tak heran masalah kemacetan ini menjadi pembicaraan hangat warga baik di warung kopi maupun di angkirangan. Seiring dengan kemajuan wilayah, warga berharap ada solusi dari pihak yang terkait untuk mengantisipasi masalah kemacetan ini, yang menjadi pembicaraan hangat adalah soal pembangunan flyover atau pembagunan lainnya di sekitar pertigaan ini.