Sinergikan Komunitas Kartasura, Sabagiri adakan Donor Darah

Infopawartos.com, SUKOHARJO – Gabungan pencinta alam Sabagiri Kartasura yang diketuai oleh Sumadi Longgor menggelar aksi donor darah sebagai salah kegiatan sosialnya. Kegiatan donor darah dilakukan di Gedung PKP Ngabeyan Kartasura, Minggu 16 Juni 2019 bekerjasama dengan PMI.

donor darah sabagiri

Djoeyamto Hadi Sasmito, penasehat Sabagiri mengatakan kegiatan donor darah ini sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan warga dan bertujuan untuk mensinergikan komunitas yang ada di Kartasura.

“kegiatan ini sbg wujud sinergisitas berbagai komunitas di kartasura,” urainya.

Aksi donor darah kali ini setidaknya lebih dari 75 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Calon pendonor berasal dari warga dan anggota komunitas yang ada di Kartasura. Komunitas yang ikut ambil bagian donor darah kali ini adalah Pawartos, Pejuang Kartasura, Banser, Padorama dll.

donor darah sabagiri

“Target donor danar kali ini adalah 55 kantong, kita mendapat 44 kantong dan yg 12 calon pendonor ditolak karena alasan medis,” lanjut Djoe sapaan akrab Djoeyamto Hadi Sasmito.

Aksi donor darah ini mendapatkan apresiasi positif dari anggota komunita yang ada di Kartasura. Salah satunya adalah Mas Medenm, salah satu anggota Pawartos yang rutin melakukan donor darahnya. “Moga darahku berguna bagi mereka yg mbutuhkan.. Allahumma Aamiin…” tulis Mas Mendem dalam akun media sosialnya.

donor darah sabagiri

Pernyataan senada disampaikan Zaenal Abidin, salah satu perwaklian dari Banser Kartasura. Dia merasa bersyukur dapat ambil bagian dalam aksi bakti sosial donor darah ini. Ia berharap dari setitik darah yang didonorkan oleh para relawan dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain. “Alhamdulilah bisa beramaliah ikut baksos donor darah bersama Sabagiri dan komunitas peduli sosial di Kartasura, semoga bisa membantu orang lain,” tegas Udin sapaan akrba Zaenal Abidin.

donor darah sabagiri

Sementara itu data yang didapat dari website PMI Solo, stok darah per tanggal 16 Juni 2019 pukul 15.00 WIB sebanyak 1465 katong, rinciannya adalah gol A = 355 kantong, B = 437 kantong, O = 468 kantong, AB = 205 kantong.

Perlu diketahui, donor darah nyatanya tak hanya bermanfaat bagi sang penerima (resipien) semata. Sang pendonor pun mendapat manfaat yang luar biasa dari melakukan donor darah secara rutin. Setidaknya hal tersebut telah terbukti secara medis dan disetujui oleh banyak ahli. Hasil penelitian membuktikan, pendonor darah nantinya akan merasakan kualitas hidup yang meningkat dari sebelumnya.

donor darah sabagiri