Pawartos Menginisiasi Gerakan Ketahanan Ekonomi Warga Miskin Ditengah Pandemi Covid 19

Kartasura, infopawartos.com –  Komunitas masyarakat yang tergabung dalam Paguyuban Wargo Ageng Kartasura (Pawartos) mendirikan 42 pos mandiri Covid-19 di wilayah Kartasura, Sukoharjo.

Pos mandiri Covid-19 ini mengusung konsep gotong royong dalam menjaga ketahanan ekonomi rakyat di tengah pandemi Covid-19.

Anggota Pawartos meluncurkan gerakan ketahanan ekonomi dengan mendirikan pos mandiri Covid-19 di Desa Wirogunan, Kecamatan Kartasura, Senin (13/4/2020). Jumlah pos mandiri yang didirikan di Desa Wirogunan sebanyak 12 pos.

“Konsep ketahanan ekonomi dan pangan mandiri melalui sistem subsidi silang di tingkat rukun tetangga [RT]. Jadi masyarakat menengah ke atas memberikan subsidi kepada masyarakat menengah ke bawah,” kata Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pawartos, Rutsahaya Sapujiati.

Pos mandiri Covid-19 didirikan Pawartos di setiap rukun tetangga untuk mencegah persebaran virus corona. Masyarakat wajib mencuci tangan dengan sabun dan air saat hendak masuk ke wilayah perkampungan.

Bagi masyarakat yang mengalami demam tinggi disertai batuk dan pilek diminta untuk memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit.

“Kami ingin mengedukasi masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat [PHBS]. Misalnya, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air serta menjaga kebersihan lingkungan. Masyarakat tidak tahu sampai kapan pandemi Covid-19 berakhir. Bisa tiga bulan, enam bulan atau sampai akhir tahun,” papar dia.

Sementara itu, seorang pengurus Pawartos lainnya, Suradi, mengatakan Pawartos menggandeng anggota karang taruna dan pemerintah desa/kelurahan di wilayah Kartasura dalam pendirian pos mandiri Covid-19 serta pendataan warga miskin.

“Ada bantuan kebutuhan pokok yang dihimpun dari masyarakat menengah ke atas untuk masyarakat miskin. Jadi konsepnya gotong royong untuk melawan Covid-19,” kata dia.