Lawan Covid-19, Pawartos Bagi 1.000 Masker

Paguyuban Warga Ageng Kartasura (PAWARTOS) Terus Bergerak membantu mencegah penularan dan memutus rantai covid 19.
Setelah memfasilitasi alat Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS), penyemprotan insektisida, pembagian Handsanitizer dan membantu Alat Perlindungan Diri (APD) ke puskesmas dan klinik2 kesehatan, hari ini Pawartos hadir ditengah masyarakat membagikan 1000 masker kepada masyarakat, Rabu (15/4).


Sebagai langkah mengantisipasi penyebaran juga memutus mata rantai virus covid 19, masker menjadi barang wajib yang harus digunakan. Oleh karena itu, harga masker medis menjadi melambung tinggi sehingga menjadi langka yang mengakibatkan masyarakat sulit untuk mendapatkannya. Juga kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memakai masker ditengah wabah Covid 19 saat ini.

Untuk itu PAWARTOS berupaya berjuang dalam meminimalisasi penyebaran Covid 19 dengan membuat dan mengumpulkan masker kain yang bukan standar medis lalu di bagikan kepada masyarakat. Hari ini pembagian masker dilaksanakan di pasar Kartasura. Hal itu dilakukan karena pasar merupakan tempat jual beli yang mengakibatkan banyak kerumunan masa sehingga kemungkinan penularan virus covid 19 menjadi sangat besar.

Dikarenakan juga virus covid 19 ini adalah virus yang sulit di deteksi dan penyebarannya yang begitu cepat. Sehingga gerakan semacam ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa kewaspadaan masyarakat. Sasaran utama PAWARTOS dalam pembagian masker kali ini adalah pedagang, pembeli, tukang becak, dan petugas parkir yang tidak menggunakan masker. Selain dari pada itu, PAWARTOS juga berharap agar tidak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan masker saat bertransaksi jual beli ditengah wabah covid 19.

“Selain membagikan masker, kami juga berupaya untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya memakai masker saat berpergian agar tidak terkena virus covid 19 dimanapun berada. Mengingat data yg rilis oleh pemerintah bahwa penyebaran virus covid 19 semakin bertambah dan dirasa sudah ada di sekeliling kita. Untuk itu harapan kami, masyarakat harus lebih kuat membentengi diri dari virus ini.” terang Ipoet selaku anggota PAWARTOS.