Menjelang New Normal, Polsek Kartasura Menggelar Patroli Wedangan Keliling

Kartasura, infopawartos.com — Polsek Kartasura menggelar sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan di pos kamling wilayah kecamatan Kartasura Jumat, 29 Mei 2020. Sosialisasi dilakukan sebagai persiapan untuk hadapi new normal. Sosialisai dan edukasi dipimpin langsung oleh Kapolsek Kartasura AKP Dani Permana Putra.

Saat ditemui di lokasi kegiatan Dani mengatakan kegiatan ini untuk mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan covid-19 di era new normal ini.

“Malam ini kami melaksakan prioritas Kapolri yaitu Harkamtibmas dan program Polda Jateng Hadir ditengah masyarakat khususnya di pokamling dalam menghadapai new normal. Kami melakukan sosialsasi dan mengedukasi masyarakat melalui pos kamling agar warga tetap melakukan protokol kesehatan covid-19 yaitu cuci tangan pakai sabun, pakai masker dan jaga jarak,” jelas Dani Permana.

Dalam keterangannya, Kapolsek Kartasura mejelaskan ide awal kegiatan Patroli Wedangan Keliling ini sesuai dengan kearifan lokal Solo yaitu wedangan atau HIK. “Ide awal terinpirasi dengan hik, maka kami merasa Polsek Kartasura harus dekat dengan masyarakat melalui kegiatan patroli wedangan keliling” ujar Dani Permana kepada wartawan.

Salah satu tokoh masyarakat yang ditemuai di lokasi kegiatan, Ketua RW. 10 Nilasari Baru Gonilan Kartasura, Hadi Supono sangat mengapresiasi kegiatan kepolisian. Warga mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak kepolisian melalui Polsek Kartasura mau hadir ditengah masyarakat di tengah pandemi ini.

“Kami mengucapkan termakasih kepada pihak kepolisian mau bergabung dengan warga. mengingat wilayah sini adalah wilayah kos mahasiswa UMS  maka pos di sini kami bagi menjadi beberapa shift sehingga keamanan dan pencegahan penyebaran covid-19 sangat terkendali. warga dan pemilik kos sangat mendukung dan bekerjasama baik dengan penjaga pos,” ucap Hadi Supono.

Pada kesempatan tersebut Dani juga melakukan tanya jawab dengan penjaga pos. Salah satu pertanyaan dari warga berkaitan dengan aturan ibadah di era new normal ini. Dani mejelaskan ketentuan ibadah sesuai dengan keputusan kementrian agama yaitu tetap menjaga jarak, menggunakan handsanitaizer, memakai masker dan bila memungkinkan dilakukan juga thermal scanner.

“Ketentuan ibadah apakah ada aturan baru ? dalam new normal ini, ketentuan ibadah sesuai dengan keputusan kementrian agama yaitu tetap menjaga jarak, menggunakan handsanitizer dan kalau memungkinkan juga perlu dilakukan thermal scanner, kita harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, mengingat Sukoharjo menempati posisi ketika kasus covid-19 di Jawa Tengah,” jawab Dani saat melakukan tanya jawab dengan warga.

Kegiatan malam ini Polsek Kartasura mengunjungi pos kamling Rw. 10 Menco dan Pos kamling Rt. 04 Rw. 2 Ngabeyan Kartasura.  Apabila ada tanggapan positif dari masyarakat maka polsek kartasura akan melanjutkan program ini ke poskampling seluruh kecamatan Kartasura, Kapolsek Kartasura berharap semoga program ini menjadi role model kepolisian hadir di tengah masyarakat dalam situasi new normal ini.