Aksi Damai Warga Kartasura Tolak Unjuk Rasa Anarkis

Infopawartos.com, SUKOHARJO – Aksi menolak kekerasan dan unjuk rasa anarkis digelar puluhan massa dari Paguyuban Warga Ageng Kartasura (Pawartos), Saba Giri, Banser, dan KNPI di simpang tiga Tugu Kartasura, Sukoharjo, Selasa (13/10/2020) sore.

Aksi damai ini digelar di lokasi yang sama saat kerusuhan pada unjuk rasa ribuan mahasiswa menolak UU Cipta Kerja pada Kamis, 8 Oktober lalu.

Dibawah pengamanan ketat aparat keamanan dari Polres Sukoharjo, peserta aksi membentangkan sejumlah spanduk kecaman dan himbauan agar wilayah Kartasura tidak dijadikan tempat unjuk rasa anarkis.

“Demo anarkis itu nggak mutu. Kami warga Kartasura menolak jika wilayah kami dijadikan ajang anarkisme,” seru Gus Umam, seorang tokoh NU dari Kartasura yang ikut turun ke jalan.

Dengan aksi damai tersebut, ia mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak lupa dengan budaya dan perilaku bangsa Indonesia yang mengutamakan budi pekerti luhur.

Terkait unjuk rasa yang berakhir rusuh di seputaran Tugu Kartasura, massa aksi damai ini meminta aparat keamanan khususnya polisi menindak tegas para pelaku yang melakukan tindak anarkistis

Sebagai bentuk dukungan kepada aparat keamanan dalam menjaga ketertiban dan penegakan hukum, peserta aksi secara simbolis memberikan tiga buket bunga, masing – masing kepada Kapolsek Kartasura, Danramil Kartasura, dan Camat Kartasura.

“Siapapun yang mau merongrong bangsa Indonesia harus diberantas,” tegas Gus Umam sebelum menutup aksi damai dengan do’a. (Irw)

 

Sumber : Beritajateng.news